Soal CASN 2024 sudah Siap

0
بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Follow Tiktok, klik👉 

Jakarta – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan ASN tahun 2024 menerima naskah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang ditulis oleh 38 perguruan tinggi di Indonesia.

Naskah soal tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Suharti kepada Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Abdul Hakim di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, pada Selasa (04/06). Soal-soal ini terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS dan seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, wawancara, serta teknis untuk PPPK.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasinya kepada tim penyusun naskah soal yang telah berupaya menciptakan ASN yang berkualitas. "Panselnas dan tim penyusun naskah soal telah berkomitmen untuk mewujudkan transformasi ASN sejak tahap awal seleksi," ujar Anas.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Abdul Hakim menekankan bahwa soal-soal tersebut disusun dengan objektivitas dan profesionalisme tinggi. Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data. "Kami menjamin objektivitas, akuntabilitas, dan kerahasiaan soal-soal ini," tegas Hakim.

Soal-soal tersebut diharapkan mampu menyaring calon peserta seleksi CASN sehingga menghasilkan ASN yang memiliki karakter sebagai pelayan publik dan perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Diharapkan dapat menciptakan ASN yang memiliki keterampilan, keahlian, dan perilaku sesuai tuntutan jabatan serta kemampuan mengakselerasi fungsi dan tugas organisasi," tambah Hakim.

Panselnas terdiri dari Kementerian PANRB, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang terlibat dalam pengawasan dan pengamanan penyusunan serta transfer naskah soal seleksi ASN.

Sekjen Kemendikbudristek Suharti menjelaskan bahwa naskah soal telah melalui pendampingan dan penjaminan mutu oleh Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. Soal-soal ini juga telah ditelaah oleh para ahli dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan kesesuaian dengan kaidah bahasa yang benar.

Suharti menyampaikan terima kasih atas keterlibatan Kemendikbudristek dalam penyusunan soal seleksi CPNS dan PPPK. "Proses penyusunan soal telah menggunakan sistem pengamanan teknologi dari BSSN, serta diawasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BRIN, dan BPKP," ujarnya.

Suharti berharap Indonesia dapat memperoleh ASN yang memegang teguh nilai-nilai BerAKHLAK, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. "Kemendikbudristek berkomitmen untuk membantu proses pengadaan secara akuntabel dan transparan," tutupnya.

Sumber: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/soal-seleksi-casn-diserahkan-para-panselnas-kementerian-panrb-jamin-kerahasian-dan-objektivitas

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top