Cerita Alumni: IQ Rendah, IT Lemah - Pantang Menyerah

0
Bismillahirrahmanirrahim.
Assallamualaikum wrwb.

Perkenalkan nama saya asmidah dari Karimun Kepulauan Riau.

Lulus CPNS 2009. Baru terpanggil prites 2019. Dengan penuh kesabaran menunggu panggilan tes ppg tahun 2022. Bulan Februari suami dipanggil ppg. Nama saya tidak tercantum saya tetap bersyukur, dengan suami sendiri yang dipanggil jadi saya dapat mengurusi anak-anak. Tak dapat dibayangkan jika suami istri ppg mungkin anak-anak tak terurus. Suami yang dipanggil ppg saya yang antusias nak belajar, langsung pinjam modul teman yang ppg 2021,mulai membuat rangkuman materi. Bulan maret suami sudah mulai ppg. Saya pun sibuk seakan saya yang ppg.

Makin semangat buat rangkuman materi sesuai jadwal modul suami dan mulai belajar di yuotube dan goglle bahas soal pretes,formatif dan TAM. Bulan april saya mulai buat jadwal belajajar soal up yang ada diyutube telegram dan goglle. Jam 02.00 subuh sudah mulai bangun untuk shalat malam dan belajar sampai waktu shalat subuh. Diwaktu istirahat sekolah,sore dan lepas isya saya buat rangkuman materi.akhirnya anak belajarnya dan ngaji di les kan dengan orang lain.

Bulan juli saya dipanggil ppg sudah mulai sibuk dengan tugas.tentunya kecapean.akhirnya Jadwal belajar disusun ulang, dari jam 03.00-03.30 ibadah, jam 03.30-04.00 belajar kadang2 ngantuk. Dipaksakan aja, jam 04.00 dah mulai lagi siap2 untuk shalat subuh mengamalkan surah mulk. Selesai shalat subuh mengamalkan surah al- wakiah dan sedekah subuh. Jam 05.00 dah sibuk didapur.masak alakadarnya saja. Begitulah setiap hari. Nyuci baju gotong royong dibantu sama pak suami. Setiap lepas magrib saya amalkan surah yasin.

Setelah dapat link Ubay Bimbel saya pun bergabung. Setiap ada luang waktu saya nonton power point dan yuotube pak ubay dan mengerjakan soal2 tapi tak pernah selesai. Karena saya IQ nya lemah jadi saya belajar siang malam,subuh rutin. Mengulang2 nonton yuotube sampai benar2 paham dan ngerjakan soal. 

Kalau seminggu saya tak belajar takutnya lupa lagi. Sepekan ppg fisik saya lemah, tapi kawan-kawan sekolah selalu memberi semangat dan motivasi. Saya semangat walaupun hari-hari saya kena migren. Karena saya juga lemah di IT timbul rasa ingin tau tentang IT, saya ingin tau buat video editing sendiri yang diajarkan oleh pak suami dan kawan disekolah. Kalau orang yang pandai IT buat video 2 jam selesai, saya 2 hari baru selesai. Tapi senang rasa hati walaupun terasa lelah dan buang2 waktu.

Ketika UKIN saya menangis jam 2 subuh, karena gagal eksport. Capek 3 hari saya buat video tapi gagal. Ternyata hp saya yang penuh dengan sampah, inilah akibat gagal IT. Setelah selesai ukin saya belajar buat Quiziz sendiri. Buat soal yang saya anggap sulit untuk mengingatnya dan setiap malam saya rutin mengikuti zoom bahas soal up diberbagai gruop.

Ketika induksi alhamdulillah meski pun IQ saya lemah. Saya dapat nilai yang memuaskan.seperti pisau yang tumpul jika diasah setiap hari tajam juga. Di UP saya menangis karena hilang sinyal. Lagi2 akibat gagal IT. Dalam waktu 1 jam soal dapat diselesaikan dengan mudah. Bnyak sekali waktu untuk mengulang soal2. Allah itu maha adil dan penyayang, saya diberi masalah gagal Di IT supaya saya dapat meningkat kan amal ibadah saya. Jadi ibadah itu bukan lagi sebagai kewajiban tetapi sudah menjadi kebutuhan kita.

Langkah-langkah saya sebelum berangkat UP: Minta maaf kepada anak didik, rekan2 guru.orang tua,anak dan suami. Mohon doa restu dari mereka, saya lulus bukan karena pandai tapi karena doa orang2 yang mendoakan kita dan keajaiban dari allah. Kepintaran aja tidak bisa diandalkan tanpa dibarengi dengan ibadah. Tapi kebodohan kita bisa membuat kita sukses dengan kerja keras,tekun dan sabar, dalam belajar dan beribadah. Dekatkan diri dengan allah, mengadu dan mohon pertolongannya.insya allah. Jika kita minta pertolongan dengan manusia selalu mengecewakan, tapi minta pertolongan dengan allah, allah itu tidak pernah mengecewa kan hambanya. Lurus kan niat. Hanya kepada allah.

Demikianlah cerita dan motivasi saya untk teman-teman yang akan mengikuti up. Kata yang tidak baik datangnya dari kesalahan diri saya sendiri dan yang baik dan benar itu datangnya dari allah.
Terimakasih.
Wassallamualaikum wrwb.🙏

Teman-teman…

Ayo bergabung dengan Ubay Bimbel. Walaupun teman2 sudah bergabung dengan gruop yg lain, tapi jangan puas dengan punya 1 gruop. Kita harus menambah ilmu dan wawasan yang paling penting motivasi. Disini pak ubay bukan hanya memberi latihan soal saja. Tetapi beliau memberikan power point. Menjelaskan materi dari yuotube dan pak ubay tidak bosan2nya memberikan motivasi

Dan yang paling penting dan berkesan lagi pak ubay selalu mengarahkan kita untuk mendekatkan diri kepada allah. Dengan capeknya kita buat tugas ppg kadang ibadah kita mulai melemah. Ketika kita rajin nonton yutoube pak ubay. Insyaallah

Ibadahnya kita makin semangat walaupun kita sudah capek rasanya. Dan disini pak ubay memberikan soal lengkap dengan penjelasan rangkuman materinya sekali. Sehingga tidak lagi kita sangat mudah untuk memahami soal karena sudah ada penjelasannya.🙏

Motivasi untuk teman-teman.

Setiap gajian sisih kan uang kita untuk beli jajan anak didik kita walaupun 1 anak cuma dapat 1 bungkus coklat 1 rupiah. Jika anak didik 300 siswa terasa berat, buat 2 kali 150 siswa bulan depan dan 150 siswa lagi.

Waktu ujian tam saya pernah gagal gara-gara menunda sedekah. Yang biasanya saya dapat mencari nilai 100 dari hari itu saya dapat nilai 25.

Ceritanya pergi sekolah saya jumpa orang gila. Biasanya saya kasi uang 10 rb dia terima aja. Dihari itu dia tidak mau minta 20 rb. Uang saya 50 rb tak ada 20rb, saya bujuk dengan uang 10 rb dia tak mau. Jadi saya lanjut jalan, pulang sekolah saya jumpa lagi. Saya mau kasih lagi uang 10 rb yang ada disaku. Orang gila itu tetap tidak mau, malah minta 50 rb. Padahal di tas saya ada uang 50rb. Tapi saya masih ada rasa sayang memberikan uang 50rb, karena gajian masih lama.

Sampai dirumah, saat ujian tam sinyal hilang jadi muter-muter, nilai saya keluar 25. Tiba-tiba saya wasir, perut saya sakit. Uang saya habis 50rb untuk beli obat. Saya langsung sadar gara2 menahan uang yang diminta orang gila hari itu saya dapat 2 kerugian: nilai rendah dan dapat penyakit.

Besoknya saya pergi sekolah masih jumpa lagi orang gila itu ditempat yang sama. Tak pikir panjang saya langsung kasih 50 rb, orang gila itu senang kegirangan. Katanya langsung mau pergi kepasar nak belanja. Saya mohon kepada allah minta dimudahkan dalam segala urusan ppg saya. Tentunya banyak sekali keajaiban2 yang saya jumpai selama ppg.

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)
To Top